Kamis, 08 Oktober 2015

MEMBUKA PELUANG BISNIS



Akhirnya gue udah punya toko, ya Cuma toko online sih. Tapi ya ini jadi awal gue membangun usaha, alhamdulilah banget banyak yang order tiap harinya, pelanggan udah sampai batam, palangkaraya, dan manado.  bahkan pas itu pernah ada makcik dari Malaysia pengen beli produk aku. Alamak, jauh pula makcik beli dari indo, tapi besides gue bangga berarti jualan gue udah ‘hampir’ go international. Wkwk lebey bingits, #abaikan.
Waktu kunjungan home industri susu, gue bertemu dengan seorang peternak sapi di daerah cikerai, namanya pak taatang. Gue, pak Tatang, dan anaknya yang udah gede ngobrol bertiga sementara temen2 kelompok gue yang lain lagi videoin proses pasteurisasi susu. Beliau memberikan banyak ilmu tentang wirausaha yang barokah, yaitu tidak penting seberapa untung sebuah usaha, asalkan memberikan manfaat untuk orang lain. Beliau juga berpesan, jika lulus jangan Cuma jadi pegawai, pakailah ilmu sekolah tinggi itu untuk membuka lapangan kerja bagi orang yang belum sempat mengenyam pendidikan setinggi kamu. Dan disitulah gue sadar, segala rencana harus dilakukan dengan serius. Jangan Cuma mengejar keuntungan, tapi buatlah oranglain juga bisa membuka peluang mereka sendiri. Alhamdulliah customer2 gue ternyata kebanyakan adalah reseller yang juga lagi membuka usaha, jadi gue bisa bantu suplai produk ke mereka.
Gak bisa ditutupin, gue awalnya rada pesimis saat bikin olshop ini, karena saingannya udah punya 11.5k follower. Tapi seseorang bilang, “milikilah usaha, meskipun kecil dan sederhana. Kelak jika anda punya keuntungan, perbaikilah dan buat jadi besar.” Itulah yang jadi alasan gue. Dan setelah gue bikin ini olshop, gue jadi rajin belajar tips-tips jitu jadi sukses. Dan disitu akhirnya gue tau, olshop-olshop yang gue liat punya ribuan followers KEBANYAKAN ternyata pake auto followers, dan berarti kebanyakan followersnya itu fake alias robot. Bisa ketahuan dari jumlah likesnya yang Cuma belasan padahal followersnya diatas 10k. Dan itu yang jadi modal keberanian gue ngebangun strategi jitu dan makin pede. Toh pada kenyataannya followers gue yg Cuma 900an gak kalah potensial dari followers mereka yang sampe 10k keatas tapi ternyata fake accounts, buktinya jumlah likenya sama, bahkan lebih besar.

Jadi, jangan pernah minder buat melangkah membanngun bisnis meskipun Cuma kecil-kecilan. Konsistensi dan keuletan dalam memanage usaha akan membuat bisnismu makin maju. Kerja keras dan keberhasilan akan selalu berbanding lurus bila dikerjakan dengan jalan dan strategi yang benar.

(etdahh bikin olshop doang kisahnya panjang benerr, macam bikin cerpen. #lebay dah. Hahahaha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar